Hobi Ayam

Bacaan Penghobi Ayam Laga Sejati

4 Ciri Siap Tarung Oktober 25, 2009

Filed under: Botoh — hobiayam @ 1:42 pm

Kesiapan Tarung Bisa Dilihat dari Wajah Ayam

Kesiapan Tarung Bisa Dilihat dari Wajah Ayam

MEDIA AYAM (Online) – Laiknya petinju, ayadu juga membutuhkan fisik yang prima sebelum turun bertanding. Tanpa fisik yang memadai tersebut, bisa dipastikan ayadu tersebut hanya menjadi bulan-bulanan pukulan lawan. Lantas bagaimana ciri ayadu yang siap tarung?

Menurut Agus W, penghobi kawakan asal Solo, ada beberapa ciri yang bisa digunakan untuk melihat apakah ayadu siap atau tidak untuk diturunkan.
Ciri pertama adalah kulit yang membungkus daging memerah alias tidak pucat. “Bagian yang memerah tersebut antara lain kepala, garis kaki, kulit diantara sela-sela kaki, kulit pantat, pok(daging pangkal sayap) dan dada,” ujarnya sembari mengisap sebatang kretek filter. Inilah, sambungnya, ciri-ciri yang mudah dikenali apabila ayam tersebut terlihat fit.

Ciri kedua adalah bulu yang dimiliki ayam tersebut terlihat mengkilat.” Seperti berminyak, terutama bila kena sinar matahari. Ayam yang bulunya kusam menandakan ayam tersebut kurang sehat,” ujar Agus sambil membandingkan 2 ayadu miliknya dimana yang satu terlihat mengkilat dan yang satunya lagi berwarna kusam atau kumal.
Ciri ketiga adalah ayadu tersebut banyak bergerak. Bergerak disini dalam artian ayadu terlihat garang bila menemui ayam pejantan lain. “Yang sudah siap tarung biasanya akan nabrak sangkarnya bila melihat pejantan lain, seperti gatal ingin menjajal pukulannya. Gerakan tersebut bisa juga terjadi bila melintas betina di depannya,” jelas Agus yang berperawakan tinggi besar ini.
Ciri keempat atau terakhir adalah nafas ayadu. Untuk yang terakhir perlu adanya proses ngabar. “Kalau dalam arena sebenarnya 1 ronde 15 menit, sebaiknya ayadu dicoba dengan waktu 25 menit. Langkah ini di tempuh agar ayadu benar-benar siap di arena nantinya. Kita andaikan saja, 25 menit saja kuat apalagi cuma 15 menit,” saran Agus. Agus menambahkan untuk ayam pemula minggu pertama cukup saatu air kedua yang kemudian diteruskan minggu kedua dengan 2 air dan seterusnya. “ 3-4 air saja sudah cukup dan setelah itu siap ditarungkan,” ujarnya sambil tersenyum. (Har)

About these ads
 

38 Responses to “4 Ciri Siap Tarung”

  1. Sinaga Says:

    Kalau kita ngabar ayam sampe 4 air itu gmn pak, gak takut rusak ntar ayamnya? Apalagi ayam2 dengan pukul spesial satu air aja lawan udah lemas biasanya.
    Trims

    • hobiayam Says:

      gpp mz kan ada aturan dan tahapan, jadi abar bisa dimulai dari 1/2 air, ngabar berikutnya 1 air dst sampai 4 air… latihan fisik lain juga diberikan plus jamu dan vitamin.. untuk ngabar sebaiknya dengan untulan (ayam untuk sparing) dimana paruh dan kaki (jalu) dibungkus jadi tidak melukai ayam kesayangan kita… namanya juga sparing..

    • redo Says:

      gmna proses aturan mandiin ayam siap adu

      • hobiayam Says:

        mandikan ayam memang perlu ketrampilan khusus…. usahakan semua kulit ayam basah tapi seminim mungkin bulu ikut basah terutama sayap usahakan tetap kering….. lalu yang dibasuh lebih banyak bagian sayap dalam, belutru dan pantat harus dikucur dan dikop menggunakan spon….

  2. wawan daruba Says:

    jamu biasanya apa menjelang tarung laga

    • hobiayam Says:

      pemberian jamu tidak bisa instant harus diberikan secara rutin agak hasilnya maksimal bisa dicoba pakai Raja KO…. menjelang tarung agar stamina bertahan lama juga dapat ditambahkan Pharmaton

      • utep dan diding Says:

        PPA APPA MAKSUD DARII RAJA KO

      • hobiayam Says:

        Kami mencari agen untuk penjualan Majun Ayam Aduan “RAJA KO” disetiap daerah, keuntungan bisa antara 15-20% untuk agen..jika langsung jual ke pemakai bisa sampai 30%.. harga perbiji Rp. 3.000,- harga jual Rp 3.500-4000,-

      • joko Says:

        berapa jam sebelum tarung pemberian pharmaton pak…

    • hobiayam Says:

      jamu harus diberikan rutin lebih baik, sesuai petunjuk aturan pakai yg ada…. berbeda dengan obat yg hanya dibewrikan jika dibutuhkan….

  3. aguzivan Says:

    lebih banyak info lebih baik

    • hobiayam Says:

      se7…. tapi belum banyak yang bantu… pembaca klo punya artikel juga bisa kok dikirim dan saya muat… biar beritanya tambah banyak tambah bagus….

  4. utep dan diding Says:

    pa bagaiimana cara memberii pakan ayam bangkokk yang baguss. .
    teruuss biarr lebihh baguss hruss d berii pakan apa .????????

  5. AAN Says:

    PAK… MAU NANYACIRI2 FISK AYAM YANG BAGUS UNTUK JADI AYAM ADUAN?
    MANDI IN AYAM APA BOLEH DIBUANG AJA LANGSUNG KEKOLAM?

    • hobiayam Says:

      secara katuranggan.. kepala jambe… padan panjang… jari-jari merit… kokok pendek, mata tajam… dll.. ya klo madiin dibuang langsung ke kolam terserah yg punya… tp yg benar adalah gimana kulitnya basah tapi bulu-bulunya terutama sayap tetap kering…

  6. zexbeh Says:

    pak apakah benar sebelum laga,ayam harus di campur dulu dengan babon agar mental ayam jadi istimewa?

  7. dewa Says:

    mau tanya neh boss….bagaimana kalo ayam sudah siap tarung dan usia juga sudah cukup tapi bulu leher masih ada mabung?????
    (mohon pencerahan)

  8. mas_ih awam Says:

    bos mau tanya nih..gimana yah cara ngilangin nyali ciut pada ayam jago. padahal ayamku udah berumur 8 bulan. tp nyali belum ada loh..
    mohon bantuanya..trimz bos…

  9. deddy Says:

    Saya pernh denger tuk ngelatih ayam ada yg menceburkan ayam ke sungai supya pernafasnnya bagus.
    klo boleh tau kenapa ya bulu-2 ayam gk boleh basah dalm memandikan ayam…

    thx b4

  10. boz mau tanya gmn cara ngrawat paruh yg lagi patah biar cepet sembuh????
    mohon bantuannya.

  11. Japar Says:

    Mau tanya boss, saya punya ayam umur 8-9 Bln tp blm bisa tarung, gmn caranya agar ayam mau tarung/dilatih. perawatannya gmn??? trims

  12. jayus Says:

    pak bagaimana cara menyembuhkn diats kpala ayam hbs kena jalu ayam lebih cpt sembuhnya

  13. .RIKI. Says:

    bagaimana cara agar ayam nafasnya kuat..?

  14. ceeki Says:

    mohon infonya,,,,,ayam aku umur satu tahun kok bulu sayapnya udah mulai patah2,,,,mohon cara pencegahanya,,,,,,,trimss.

  15. hobbyomayamserama Says:

    Permisi gan boleh gabung

  16. ibnu Says:

    kasih minum ayam yg bagus gmn? d full apa pake takaran

  17. dian p Says:

    sen mau tanya. saya punya ayam saigon import full katurangga tapi ngga berani sama ayam alias wanci, tapi dulu pernah coba sampe 2 air. kesininya udah ngga ada mental. saya kawinin sama babon unggul tapi anaknya belum berani ayam padahal udah 7 bulan. pernah sesekali berani nanti lari. yg saya tanyakan apakah nanti anakan itu nantinya bakal berani sama ayam apa akan sama kaya bapaknya( paceknya )

  18. Kecenk Says:

    Nice Info Boss,membantu sekali,tengkyu Boss….

  19. weight loss Says:

    Wonderful blog! I found it while surfing around on Yahoo News.
    Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo News?
    I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Many thanks

  20. bos gimana cara latihan biar ayam pukulan’y keras

  21. pakk aku pnya ayam tph blu nya pada brudul ….kalau di book baik gakkk..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.