Hobi Ayam

Bacaan Penghobi Ayam Laga Sejati

Bikin Kemin Apa Susahnya Oktober 25, 2009

Filed under: Botoh — hobiayam @ 5:36 am

Kunyit Bisa Jadi Bahan Kemin Ayam Aduan

Kunyit Bisa Jadi Bahan Kemin Ayam Aduan

MEDIA AYAM (Online) – Ayam Bangkok yang masuk ke Indonesia dulu selalu ditandai dengan kemin, hingga ada anggapan ayam yang dikemin pasti ayam asli dari Thailand bahkan hingga saat ini beberapa penghobi masih beranggapan ayam yang dikemin merupakan ayam impor, padahal kini sudah banyak ayam yang lahir di Indonesia dikemin pemiliknya karena kemin sudah banyak beredar di pasaran dan tidak susah membuatnya.
Kemin bukanlah jaminan tanda ayam impor, kini banyak penghobi lokal yang suka mengemin ayamnya meskipun bukan ayam impor. Mengingat fungsi kemin tidak hanya bisa digunakan sebagai perawatan tapi juga dapat dipakai sebagai pengobatan. Fungsi kemin diantaranya dapat menyembuhkan luka-luka sehabis bertarung, selain itu membuat badan ayam selalu segar dan memperkuat kulit ayam.

Untuk mendapatkan bahan kemin kini banyak dijual di pasaran terutama mereka yang jual ayam impor, karena sampai saat ini belum ada kemin bikinan Indonesia yang dijual di pasaran, masih mengandalkan impor dari Thailand, padahal cara membuatnya sangat sederhana dan mudah.
Ali botoh kawakan yang kini tinggal di Makkasar mengungkapkan, membuat kemin cukup mudah. “Campur kunyit dan kapur serta larutkan dalam air sudah jadi,” kata Ali singkat saat diminta untuk menjelaskan kemin bikinanya sendiri. Membuat kemin langsung pakai, kunyit yang sudah dibersihkan diparut atau dihaluskan lalu dicampur dengan kapur dan ditambah air sirih, sudah langsung dapat dipakai.
Namun cara yang lebih efesien adalah membuat dengan jumlah yang cukup untuk persediaan, sehingga begitu diperlukan tinggal pakai tanpa harus direpotkan membuat lagi. Kunyit yang sudah halus dijemur hingga kering, baru ditumbuk hingga menjadi bentuk bubuk, untuk mendapatkan bubuk yang halus disaring dan butiranya yang masih besar ditumbuk lagi sampai semuanya halus.
Kunyit yang sudah halus dan kering disimpan, begitu ingin menggunakan tinggal mencampur dengan kapur, lalu dilarutkan dengan menggunakan air sirih secukupnya. Perbandingan antara kunyit dan kapur 1:1. Lebih praktis lagi bisa menggunakan kunyit instant yang sudah banyak dijual di supermarket, biasa untuk bumbu masak.
Pemakaian kemin bisa dilakukan seminggu dua kali, pemberian kemin sebaiknya dilakukan setelah ayam dimandikan dan sebelum dijemur. Caranya larutan kemin dioleskan dengan menggunakan kain atau spon secara merata dipermukaan kulit ayam, mulai muka hingga dibawah bulu badan, sayap dan kaki. Saat mengoleskan kemin jangan sampai berlepotan bahkan kalau bisa hindari kemin mengenai bulu ayam, terutama bulu ayam bagian luar agar tidak kusam yang bisa mempengaruhi penampilan.
Pemberian kemin juga dapat dilakukan seusai sparing atau mencoba, sehingga luka yang diderita cepat kering dan tidak menimbulkan infeksi yang cukup lama sehingga menggangu proses perawatan berikutnya. (Sut)

About these ads
 

26 Responses to “Bikin Kemin Apa Susahnya”

  1. Nurkhotim Berkata

    Jadi pengen tahu,.. sebenarnya tujuannya apa pemberian kemin pada ayam aduan ? apa ada cara lain selain pemberian kemin ? tks

    • hobiayam Berkata

      Tujuan kemin sebenarnya sesuai dengan tulisan selain mempertebal kulit ayam juga untuk menghindari bakteri atau kutu pengganggu pada ayam aduan… namun awal ayam import dari Bangkok masuk dipakai sebagai tanda import karena kemin sudah biasa dilakukan di Thailand, tetapi ketika di Indonesia sudah memulai memakai kemin akhirnya sudah tidak lagi dijadikan tanda ayam import.. sekarang untuk tanda import biasanya menggunakan gelang dari peternak hanya pengamanan dalam perjalanan biar gak ditukar… tapi yg lebih modern menggunakan chip tapi untuk mendeteksi juga melalui tehnologi canggih… dibeberapa Universitas yg memiliki Fak. Kesehatan Hewan seperti Unair sudah ada alatnya.

  2. dingo Berkata

    kapur itu apa?? Kalau pakai kunyit aja bisa ngak?? Mandikan pake air panas ya??

  3. dani surabaya Berkata

    tentang cara membuat kemin di atas dah bener dan sy pernah mencobanya, tapi lebih pasnya ato komplitnya biasanya saya campurkan sedikit betadine ato obat oles te ta yao, bisa di coba bos

  4. gondang Berkata

    mulai umur berapan ayam kita bisa di kemin?
    gimana kalau ayam sedang mabung sehingga malah gampang langsung kena kulitnya.
    bagian mana saja yang musti di kemin

    • hobiayam Berkata

      meningjak remaja atau lancuran, klo mabung jangan..justru akan merusak bulu yg akan tumbuh, semua kulit ayam harus merata. keculai bagian kepala memang agak susah karena lebatnya bulu ayam…

  5. iwan wijaya Berkata

    bagai mana dengan rendaman air sere apakah bisa berfungsi sebsgai kemin?

  6. Anggi Berkata

    Apa ga panas klo pake kapur buat ngapur tembok? Gimana klo pake kapur yg buat dipake orang nyirih,bisa ga?

  7. dandy Berkata

    Saya pengeb dapat ayam yg super.dmn bs mendapatkanya.

  8. dandy Berkata

    TeS

  9. diditgondang Berkata

    Kemin : adonan antara kunyit dengan kapur sirih & gambir, ini yg sesungguhnya jenis kemin terbaik di negeri siam. cuman campuran pastinya saya kurang tau

  10. Dede Reason Berkata

    ass wr.wb. saya punya ayam bangkok ?? Umur nya sekitar 5 bulanan..
    Tapi yang aneh nya kenapa ngakk bisa berkokok dia ?
    Tolong jawaban nya..
    Salam kukuruyuk..

  11. Dede Reason Berkata

    saya mau tanya ?
    saya punya Ayam Bangkok,, Umur nya sekitar 5 bulanan..}
    tapi yg aneh nya kenapa ngakk bisa berkokok ya ?

    Tolong balesan nya ?

  12. darma Berkata

    saya punya ayam baru kurang lebih 6 bulan tapi dia tidak bisa berkokok..
    salam kenal

  13. budiarto Berkata

    gimana bisa ga klo make kpur yang buat nyirih

  14. febri Berkata

    siank bos saya mu tanya tengtang sereh apa sirih yg di pakaiuntuk gantiin kemin

  15. zumar Berkata

    selain mempetebal kulit gunanya apa lagi? . . .

  16. arief aj lh Berkata

    pkeny kapur ap nwi kang

  17. kevin Berkata

    cara mengoleskan nya susah dong kalo gak boleh kana bulu ayam…?

  18. ata Berkata

    ane pernah baca nih boss untuk alternatif kemin bahannya jahe+seereh di rebus hanya blm tau perbandingan”nya itu gmn bisa jg di pake juga ? jahe+serehnya ?

  19. agus Berkata

    sangat jelas dan bermanfaat,ohya klo cara memerahkan kulit ayam aduan bagaimana.soalnya saya pernah lihat ayam warna kulitnya benar2 merah.saya sendiri sudah mencoba,tapi sampai sekarang gak bisa bener2 merah,apa botoh yang saya temuai itu benar2 hebat ya.?

  20. agus Berkata

    tolong bang dijawab,ayam sudah di obat cacing jamu dan vitamin sudah di berikan,termasuk tonikum bayer,neorobion sampai B complex tapi hasilnya gak semerah ayam2 yang di temuai dikalangan sampai kulit dibawah sayap pun jadi merah,tolong bang kalo emang ada rahasianya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.