Hobi Ayam

Bacaan Penghobi Ayam Laga Sejati

Bikin Kemin Apa Susahnya Oktober 25, 2009

Filed under: Botoh — hobiayam @ 5:36 am

Kunyit Bisa Jadi Bahan Kemin Ayam Aduan

Kunyit Bisa Jadi Bahan Kemin Ayam Aduan

MEDIA AYAM (Online) – Ayam Bangkok yang masuk ke Indonesia dulu selalu ditandai dengan kemin, hingga ada anggapan ayam yang dikemin pasti ayam asli dari Thailand bahkan hingga saat ini beberapa penghobi masih beranggapan ayam yang dikemin merupakan ayam impor, padahal kini sudah banyak ayam yang lahir di Indonesia dikemin pemiliknya karena kemin sudah banyak beredar di pasaran dan tidak susah membuatnya.
Kemin bukanlah jaminan tanda ayam impor, kini banyak penghobi lokal yang suka mengemin ayamnya meskipun bukan ayam impor. Mengingat fungsi kemin tidak hanya bisa digunakan sebagai perawatan tapi juga dapat dipakai sebagai pengobatan. Fungsi kemin diantaranya dapat menyembuhkan luka-luka sehabis bertarung, selain itu membuat badan ayam selalu segar dan memperkuat kulit ayam.

Untuk mendapatkan bahan kemin kini banyak dijual di pasaran terutama mereka yang jual ayam impor, karena sampai saat ini belum ada kemin bikinan Indonesia yang dijual di pasaran, masih mengandalkan impor dari Thailand, padahal cara membuatnya sangat sederhana dan mudah.
Ali botoh kawakan yang kini tinggal di Makkasar mengungkapkan, membuat kemin cukup mudah. “Campur kunyit dan kapur serta larutkan dalam air sudah jadi,” kata Ali singkat saat diminta untuk menjelaskan kemin bikinanya sendiri. Membuat kemin langsung pakai, kunyit yang sudah dibersihkan diparut atau dihaluskan lalu dicampur dengan kapur dan ditambah air sirih, sudah langsung dapat dipakai.
Namun cara yang lebih efesien adalah membuat dengan jumlah yang cukup untuk persediaan, sehingga begitu diperlukan tinggal pakai tanpa harus direpotkan membuat lagi. Kunyit yang sudah halus dijemur hingga kering, baru ditumbuk hingga menjadi bentuk bubuk, untuk mendapatkan bubuk yang halus disaring dan butiranya yang masih besar ditumbuk lagi sampai semuanya halus.
Kunyit yang sudah halus dan kering disimpan, begitu ingin menggunakan tinggal mencampur dengan kapur, lalu dilarutkan dengan menggunakan air sirih secukupnya. Perbandingan antara kunyit dan kapur 1:1. Lebih praktis lagi bisa menggunakan kunyit instant yang sudah banyak dijual di supermarket, biasa untuk bumbu masak.
Pemakaian kemin bisa dilakukan seminggu dua kali, pemberian kemin sebaiknya dilakukan setelah ayam dimandikan dan sebelum dijemur. Caranya larutan kemin dioleskan dengan menggunakan kain atau spon secara merata dipermukaan kulit ayam, mulai muka hingga dibawah bulu badan, sayap dan kaki. Saat mengoleskan kemin jangan sampai berlepotan bahkan kalau bisa hindari kemin mengenai bulu ayam, terutama bulu ayam bagian luar agar tidak kusam yang bisa mempengaruhi penampilan.
Pemberian kemin juga dapat dilakukan seusai sparing atau mencoba, sehingga luka yang diderita cepat kering dan tidak menimbulkan infeksi yang cukup lama sehingga menggangu proses perawatan berikutnya. (Sut)

 

26 Responses to “Bikin Kemin Apa Susahnya”

  1. Nurkhotim Says:

    Jadi pengen tahu,.. sebenarnya tujuannya apa pemberian kemin pada ayam aduan ? apa ada cara lain selain pemberian kemin ? tks

    • hobiayam Says:

      Tujuan kemin sebenarnya sesuai dengan tulisan selain mempertebal kulit ayam juga untuk menghindari bakteri atau kutu pengganggu pada ayam aduan… namun awal ayam import dari Bangkok masuk dipakai sebagai tanda import karena kemin sudah biasa dilakukan di Thailand, tetapi ketika di Indonesia sudah memulai memakai kemin akhirnya sudah tidak lagi dijadikan tanda ayam import.. sekarang untuk tanda import biasanya menggunakan gelang dari peternak hanya pengamanan dalam perjalanan biar gak ditukar… tapi yg lebih modern menggunakan chip tapi untuk mendeteksi juga melalui tehnologi canggih… dibeberapa Universitas yg memiliki Fak. Kesehatan Hewan seperti Unair sudah ada alatnya.

  2. dingo Says:

    kapur itu apa?? Kalau pakai kunyit aja bisa ngak?? Mandikan pake air panas ya??

  3. dani surabaya Says:

    tentang cara membuat kemin di atas dah bener dan sy pernah mencobanya, tapi lebih pasnya ato komplitnya biasanya saya campurkan sedikit betadine ato obat oles te ta yao, bisa di coba bos

  4. gondang Says:

    mulai umur berapan ayam kita bisa di kemin?
    gimana kalau ayam sedang mabung sehingga malah gampang langsung kena kulitnya.
    bagian mana saja yang musti di kemin

    • hobiayam Says:

      meningjak remaja atau lancuran, klo mabung jangan..justru akan merusak bulu yg akan tumbuh, semua kulit ayam harus merata. keculai bagian kepala memang agak susah karena lebatnya bulu ayam…

  5. iwan wijaya Says:

    bagai mana dengan rendaman air sere apakah bisa berfungsi sebsgai kemin?

  6. Anggi Says:

    Apa ga panas klo pake kapur buat ngapur tembok? Gimana klo pake kapur yg buat dipake orang nyirih,bisa ga?

  7. dandy Says:

    Saya pengeb dapat ayam yg super.dmn bs mendapatkanya.

  8. diditgondang Says:

    Kemin : adonan antara kunyit dengan kapur sirih & gambir, ini yg sesungguhnya jenis kemin terbaik di negeri siam. cuman campuran pastinya saya kurang tau

  9. Dede Reason Says:

    ass wr.wb. saya punya ayam bangkok ?? Umur nya sekitar 5 bulanan..
    Tapi yang aneh nya kenapa ngakk bisa berkokok dia ?
    Tolong jawaban nya..
    Salam kukuruyuk..

  10. Dede Reason Says:

    saya mau tanya ?
    saya punya Ayam Bangkok,, Umur nya sekitar 5 bulanan..}
    tapi yg aneh nya kenapa ngakk bisa berkokok ya ?

    Tolong balesan nya ?

  11. darma Says:

    saya punya ayam baru kurang lebih 6 bulan tapi dia tidak bisa berkokok..
    salam kenal

  12. budiarto Says:

    gimana bisa ga klo make kpur yang buat nyirih

  13. febri Says:

    siank bos saya mu tanya tengtang sereh apa sirih yg di pakaiuntuk gantiin kemin

  14. zumar Says:

    selain mempetebal kulit gunanya apa lagi? . . .

  15. arief aj lh Says:

    pkeny kapur ap nwi kang

  16. kevin Says:

    cara mengoleskan nya susah dong kalo gak boleh kana bulu ayam…?

  17. ata Says:

    ane pernah baca nih boss untuk alternatif kemin bahannya jahe+seereh di rebus hanya blm tau perbandingan”nya itu gmn bisa jg di pake juga ? jahe+serehnya ?

  18. agus Says:

    sangat jelas dan bermanfaat,ohya klo cara memerahkan kulit ayam aduan bagaimana.soalnya saya pernah lihat ayam warna kulitnya benar2 merah.saya sendiri sudah mencoba,tapi sampai sekarang gak bisa bener2 merah,apa botoh yang saya temuai itu benar2 hebat ya.?

  19. agus Says:

    tolong bang dijawab,ayam sudah di obat cacing jamu dan vitamin sudah di berikan,termasuk tonikum bayer,neorobion sampai B complex tapi hasilnya gak semerah ayam2 yang di temuai dikalangan sampai kulit dibawah sayap pun jadi merah,tolong bang kalo emang ada rahasianya.


Tinggalkan komentar