Hobi Ayam

Bacaan Penghobi Ayam Laga Sejati

Kaki Kecil Lebih Cepat dan Sakit Oktober 25, 2009

Filed under: Katurangga — hobiayam @ 4:33 am
Kekuatan Pukulan dapat dideteksi melalui bentuk kaki

Kekuatan Pukulan dapat dideteksi melalui bentuk kaki

MEDIA AYAM (Online) – Ayam aduan sebagai petarung sangat mengandalkan kakinya untuk menjatuhkan lawan, kekutan kaki sebagai prioritas utama untuk mencari ayam aduan yang bagus. Bentuk kakipun beraneka ragam ada yang bulat adapula berbentuk persegi (blimbing : Jawa red) dan ukurannya tentu juga tidak sama ada yang kecil dan besar. Untuk menentukan pilihan bentuk kaki yang bagaimana memang perlu pengalaman yang cukup untuk mengamati. Salah satu peternak besar di Bangkok Weeradaj Payoosiripong yang telah puluhan tahun mengembangkan ayam aduan menilai kaki yang kecil lebih cepat dan pukulanya sakit.

Memang dalam perkembangan bentuk kakipun mengalami beberapa trend atau perubahan seperti di Thailand, dulu menyukai ayam yang memiliki kaki blimbing dikenal memiliki pukulan yang berat, hal ini juga terjadi di Indonesia. Tapi Siripong terus mengamati setelah membandingkan dengan kaki ayam berbentuk bulat ternyata yang ukuranya (diameter) lebih kecil pukulanya lebih sakit. Mengingat pukulan yang berat belum tentu sakit, meskipun menerima pukulan bertubi-tubi terhnyata tidak mudah untuk menjatuhkan lawan, berbeda dengan kaki kecil ternyata pukulanya sangat dirasakan sehingga lebih cepat membuat lawan tak berdaya dan menyerah.

Siripong yang ditemui Sutejo dan Teraporn dari Media Ayam di peternakanya yang berada di kawasan Phutthamonthon Sai Pirade Bangkok menunjukkan kaki kecil yang dimaksud yaitu kaki ayam yang memiliki diameter lebih kecil dibanding dengan ayam lain yang postur tubuhnya sama, dan bentuknya bulat seperti rotan.  “Kalau sering mengamati akan lebih mudah apakah ini kaki kecil atau tergolong besar dan tak perlu membandingkan dengan ayam lain,” ujar Siripong saat ditanya tentung perbadingan besar kecilnya kaki.

Selain melihat dari diameter kaki, juga harus melihat bentuk jari-jari yang dimiliki. “Jari-jari harus kecil, semakin keujung semakin kecil,” papar Siripong sambil menunjukkan jari ayam yang dimaksud. “Apa istilahnya jari yang bentuknya demikian di Indonesia,” tanya Siripong pada Media Ayam. “Istilah bahasa Jawa ‘Merit’,” jawab Media Ayam singkat.

Bahkan menurut Siripong, memprediksi keistimewaan ayam aduan berdasarkan kaki 90 % akurat, sementara berdasarkan anatomi atau katurangga lainya akurasinya hanya 50 %. Tentu saja Siripong menyarankan, paling utama memilih ayam aduan harus melihat kakinya, meskipun tidak boleh meninggalkan tanda atau ciri-ciri anatomi lainnya sebagai penunjang.

Lebih penting lagi harus ditunjang perawatan dan latihan serta makanan yang sesuai dengan kebutuhan ayam aduan termasuk vitamin dan obat-obatan yang diperlukan, yang bisa membuat kondisi ayam aduan semakin prima, sehingga keistimewaan yang dimiliki dapat digunakan secara maksimal tepat pada sasaran yang mematikan.

Mengingat bagaimanapun keistimewaan pukulan kaki yang dimiliki, jika tidak ditunjang dengan tenaga atau kekuatan yang maksimal pula tidak akan berarti apa-apa, sementara untuk menghasilkan tenaga yang maksimal dapat dibantu melalui latihan dan ditunjang pakan serta obat-obatan yang tepat, selain itu peran anatomi lain untuk menghasilkan pukulan juga sangat diperlukan misalnya kondisi bulu sayap dan ekor, jika bulu sayap dan ekor sempurna akan membantu kekuatan saat melancarkan pukulan.

Begitu pula dengan ketrampilan paruh, semakin cekatan dalam mematuk akan semakin sering melepaskan pukulan ke lawan dan mantapnya patukan akan membuat ayam yang dipukul semakin terasa selain sasaranya tepat juga menahan kepala saat melancarkan pukulan membuat pukulan semakin terasa sakitnya. (Sut)

About these ads
 

40 Responses to “Kaki Kecil Lebih Cepat dan Sakit”

  1. Nurkhotim Says:

    Yang disampaikan itu memang benar,.. dan saya pikir semua hobiies ayam aduan juga setuju,.. namun untuk katuranggan yang lain,.. misal bulu, kepala ekor sayap,.. mungkin akan bervariasi pendapatnya…

    anyway,. good article,.. kalo bisa dapat artikel yang membahas ciri sisik, namanya dan apa keunggulannya seperti yang ada di Ganoi.com pak tks

  2. yadi Says:

    pak,saya seorang penyabung……sudah banyak berbagai bentuk fisik ayam yang sudah saya miliki…….namun saya mempunyai satu ayam yang menurut saya bagus….kakinya kecil,bertungkai panjang,dan jari2nya halus dan panjang,,,.tetapi sisik kakinya ngak terlalu kering (basah)…bagaimana menurut anda pak.

  3. utk penghobi ayam adu, jika ingin bisa mengetahui ciri2 ayam juara.
    - ciri fisik yg bisa di liat ( jengger, mata, paru, bulu, sisik, ekor )
    -ciri dari kokok ayam yg bisa kita dengar
    -macam2 jenis sisik
    -macam2 ayam yg jangan sampai di lawan
    dll

  4. gondang Says:

    saya kira ada benarnya. saya mencoba membedakan dan mengamati ayam saya sendiri.
    kebetulan saya ternak ayam birma (pejantan + biang birma import) saya amatin kakinya kecil bulat rata berisi dan jarinya jg merit meruncing. diadu nyatanya kakinya seakan ringan ngangkatnya dan akurat biarpun ayam sudah kelihatan payah tapi pukulan nyawatnya tidak berubah seprti awal.
    ini juga sama dengan ayam bangkok, saya amatin. kebetulan saya ada 1 pejantan BK ori dengan 2 biang BK yg berbeda (1. bulu kelabu kaki bulat merit berisi , 2. bulu hitam kaki hitam segi ukuran bangkok umumnya) hasil breding anakan yg no1 pukulanya lebih rajin (sering) terasa ringan biarpun pukulannya sama2 berasa.
    saya kira artikel ini saya setuju.

    • hobiayam Says:

      sama kok bos…artikel ini juga dari pengamatan dilapangan narasumbernya…. jika ada pengalaman laian bisa dikirim ke kami saya terbitkan dalam web ini biar bisa dibaca oleh yg lain

  5. gondang Says:

    akan tetapi bukan jaminan ayam dengan kaki lebih kecil di laga musti menang.
    tapi minimal kita bisa memberikan adegan atraksi ayam laga yg lebih memuaskan tidak sekedar bagaimana ayam bekerja

    • hobiayam Says:

      memang nbelum tentu menang tergantung lawan yang diuhadapi… tapi ciri ini bisa dijadikan salah satu kreteria dalam memilih ayam untuk laga..

  6. saras sandi Says:

    saya punya 4 jengger sektar 8 bulan..
    aym yang tiga sudah merasakan menang 2 kali..
    nah yang satu kebetulan berkaki basah namun gilig (bulat,jarinya merit)..
    terung pertama (kalah tanding 7-10) di cilacap dia mukul ‘KO’ musuhnya sampai tergeletak dalm babak pertama, namun kemudian setelah di AIR giliran ayam saya yang Gembes so, saya Lorod sebelum ayam sy kalah …
    kemudian tarung kedua sy coba mematangkan fisiknya namun tetep saja gembes sehingga belum dapat kemenangan..padahal lawanya 99% harus kalah..
    dan yang ketiga (1 agustus 2010) pun seperti itu.. sampai sekarang ayam masih utuh seperti jengger belum tarung bulu-bulunya masih komplit sekali,
    ayam sy sangat teknik dan sangat cakut.
    yang saya tanyakan …
    bagaimana caranya agar ayam aduan sy tetep bertenaga dalam pukulanya…???
    terimakasihh…

    • hobiayam Says:

      ada 3 untur yang tidak boleh ditinggalkan untuk menyiapkan ayam ke arena laga…. 1 latihan fisik dan ntanding harus sudah melebihi 3 air..2. jamu dan obat harus diberikan agar menambah stamina.. 3. faktor botoh yg mengair di arena juga menentukan.. karena tidak hanya sekedar mengair tapi ada titik-titik yg harus diair agar stamina cepat kembali seperti daerah belutru, anus dll dan saat ngair jangan sampai sayap basah.. usahakan terkena kulitnya…

  7. arman Says:

    Saya setuju sekali bahwa kaki kecil dan jari merit mempunyai pukulan yang sakit dan biasanya lebih lincah (candak).

  8. Try Says:

    Bagaimana cara mengasah ayam byar berani bertarung?

    • abiet muhanif Says:

      Yang biasa saya lakukan yaitu dengan cara menjauhkan ayam tersebut dengan ayam yang lebih tua. sebab mental ayam muda itu masih belum begitu matang dan biasanya akan drop apabila ada ayam yang lebih tua.
      serta di latih dengan rutin mudah-mudahan ayam anda berani bertarung..
      tetap semangat….!!!!!!

  9. joko Says:

    tolong kalo ada videonya jenis ayam yg kaki kecil di upload ke Youtube jadi saya bisa bayangin sampai dimana ke-akuratan pukulannya. trims

  10. sepertinya iya tp blm tentu…yah pengalaman yg di liat malah bgusan yang gd kakinya..yang bagus gimana itu yang mana yang bener..wahhh pusing..

  11. abiet muhanif Says:

    saya setuju bang kl kaki nya kecil itu lebih lincah dan lebih sakit pukulan nya…
    karena saya juga punya ayam yang kakinya kecil (merit) dan gak pernah lama untuk menyudahi perlawanan musuh-musuh nya. dan sudah menang berkali-kali sayang nya sekarang sudah tua sehingga saya jadikan pejantan dan alhamdulillah anaknya sekarang 100% sama dengan pejantannya.

  12. bowe Says:

    apa ada keistimewaan kaki hijau kering
    ?

  13. jhon Says:

    Yg bikin pusing ampe skrg milih sisiknya..
    Mohon jg pencerahannya.. Tx

  14. saigon Says:

    maaf mas bro mau tanya, saya punya ayam, kemaren di abar terus matanya kena, tidak pecah cma terkepah za, kalo boleh tau apa ada obat boat mata ayam

  15. suro yogja Says:

    suro kopyor suro kopyor mau lewat

  16. yg jls kaki ayam itu padhat dan kering…

  17. Aku malah punya ayam bangkok, bentuk kakinya bulat tapi ukuranya gede. . , beratnya hampir 5 kg. ,
    apakah ayam bangkok sperti itu bagus untuk pemacek. . ,

  18. arief aj lh Says:

    lw kkiny merit wrna klawu gmna nwi kang? kra2 BGUS GX.?

  19. singo Says:

    ok mantab sekali jadi tambah pengalaman untu memilih ayam yg bagus dan punya pukulan ko..

  20. catur s Says:

    menurutku,,,,kaki semakin besar semakin bagus krn pukulannya keras,,,walaupun jarang mukul

  21. feriy Says:

    thanks buat semua infonya…..!!

  22. dionsuanda@yhoo.co,id Says:

    a bagai mana cara memilih ayam bangkok yang pukulannya mematikan ?

  23. adji Says:

    klo ayam yg di telapak jari nya ada sisik2 nya bgaimana?

  24. oceh Says:

    pak saya punya satu ayam aduan, warna sisik kakinya 3 warna hitam, kuning, dan merah kira-kira menurut bapak ada nggak kelebihannya ?

  25. willygaul Says:

    pak saya juga punya ayam bangkok kakinya kecil tapi sayangnya tidak brani bertarung dan badannya kecil itu bagaimana cara memperbesar ukuran tubuh dan cara menyembuhkan penyakit (kanji).

  26. gopaljaya26 Says:

    mantap boss artikelnya,,
    sedikit menambahkan..
    menurut saya kaki kecil n kaki besar(tdk berlebihan) adlh sama..asal kakinya hrs bulatt !!
    warna kuning lebih bagus..!!
    nomor dua warna putih..
    *tulangan hrs tebal/besar.
    (tdk ada ayam tulangan tipis pukulannya besar n kuat bro..!!)
    sy bru 10thn hobi ayam adu,,
    alhmdulilah gk prnah salah pilih ayam,, :)

  27. gopaljaya26 Says:

    prnh thn2005 sy naksir ayam tetangga desa..
    mulanya sy ragu krn ayam itu anakan silangan bangkok n ayam kampung,,
    tp felling sy kuat..akhirnya sy beli dgn harga murah meriah.(80rb!!)wktu itu harga ayam kmpung 60rb..
    stelah 1minggu sy rawat satu2nya ayam sy itu..
    sngat kbetulan paman sy dan beberapa botoh mw ngabar/buka urat ayam paman yg mau diadu bbrp hari lg tp bngung gk ad untulan,,
    akhirnya sy mengajukan ayam sy untuk untulan..krna dr sminggu yg llu sy diledek cz merawat ayam kampung..
    to be continue..

  28. gopaljaya26 Says:

    ayam paman ukrn7 jalu 2cm,,udh menang 4x..
    sedangkan ayam sy ukrn 6,5 umur 9bln,,belum pernah abar(bru rawat 1minggu)
    *kalah tinggi kalah pinggang
    sbnrnya sy trllu berani..
    bs sj ayam sy mati..:(
    tp sy yakin ayam sy kuat toh cuma ngabar 5menit..
    akhirnya diabar..
    ayam pmn mukul 3x bru ayam sy mukul (sekali) dr depan,,
    ehh..gk taunya ayam pmn langsung roboh !!!(kpla ditekuk ketanah,sayap membuka jg nempel tanah smbil nungging!!!)
    sy heran brcampur senang.!?
    bersambung..

  29. gopaljaya26 Says:

    tmen botoh paman geleng2 gk prcaya..
    trus di urut smpe sembuh..
    ktnya cuma kbetulan,,
    stlah diairi suruh diabar lg..
    sy mau2 ajj..hee :)
    ehh trnyata sm ajj..ayam paman gencar memukul tp dibalas sekali dr depan lngsung ko sprti yg pertama..
    hmm betapa senangnya hatiku saat itu..
    2hari setelah itu,,
    rambo(nama ayam sy trsebut)
    sy bawa ketmpt tmen yg pnya ayam bagus2(biasa adu dikalangan)cz sy msh penasaran..
    trnyata dstu sm ajj..
    tmen sy keluarin 3ayam gk ad yg kuat..!!

  30. gopaljaya26 Says:

    pd akhirnya sy sdh mantap utk menurunkan ramb0 kearena..
    smpainya dikalangan,,sy bingung soalnya bnyak sekali yg menantang ramb0!!?
    cz bntuknya yg mngkin tdk meyakinkan..hee :)
    dgn asumsi bahwa bila ramb0 menang sblum 2menit(ayam adu belum jadi) maka percuma sj krna gk jd dpet taruhan..!!?
    maka sy sngaja menantang ayam yg ukrnnya lebih besar.
    tndingan 8-10 sy lawan..tp sm2 msh muda..hee
    alhasil,,ramb0 menang k0 menit ke4,,!!
    smpe skrng udh menang 21x gk prnh lewat 1air bro..
    anak2 ramb0 skrng yg gantiin,,:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.