Hobi Ayam

Bacaan Penghobi Ayam Laga Sejati

Mencetak Ayam Aduan Unggul Oktober 25, 2009

Filed under: Farm — hobiayam @ 6:24 am

Induk Juara Sering Menurunkan Anakan Berkualitas

Induk Juara Sering Menurunkan Anakan Berkualitas

MEDIA AYAM (Online) – Menghasilkan ayam aduan unggulan bisa dilakukan sejak dini. Bahkan, ketika ayam tersebut masih berbetuk telur bisa kita tentukan mana yang bagus dan mana yang tidak. Meskipun nantinya anakan yang dihasilkan tidak seratus persen berkualitas, tapi setidaknya cara ini bisa meminimalisir adanya ayam aduan yang kurang berkualitas.

Untuk menghasilkan ayam aduan yang berkualitas, pemilihan indukan juga menjadi penentu kualitas anakan yang dihasilkan. Indukan yang dikawinkan harus mempunyai silsilah keturunan yang bagus, sehingga nantinya bisa mengahsilkan telur-telur bagus dan kualitas anakan yang mumpuni. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas ayam aduan untuk menjadi Hi-quality. Salah satunya adalah seleksi telur dan tekhnik perawatannya. Tidak hanya harus benar, namun juga ketelitian sangat menentukan hasil kerja kita.

Membuat Sarang Eram
Peran sarang ini menjadi sangat penting manakala indukan yang kita gunakan termasuk ayam yang cukup sulit mengerami telur. Menghadapi karakter ayam demikian kita harus benar-benar memperhatikan sarang eramnya. Biasanya sarang eram akan menjadi tempat ayam menyimpan telur sebelum masuk tahap pengeraman.
Normalnya, sarang eram yang baik tidak terkena sinar matahari langsung, Biasanya sarang ini dibuat pada daerah bayangan, karena jika terkena sinar matahari langsung biasanya ayam tidak mau bertelur pada tempat tersebut, kalaupun bertelur tapi jumlahnya sangat sedikit. Perlu juga diatur sirkukulasi udaranya agar indukan tersebut nantinya betah untuk mngerami telurnya.
Perlengkapan untuk membuat sangkar eram adalah box yang terbuat dari kayu atau bambu. Pada bagian tengah box diberi piring atau baskom baru kemudian ditutup dengan jerami, hal ini bertujuan untuk memberi bentuk cekungan pada sarang eram sehingga telur tidak mudah berpindah tempat. Sarang eram sebaiknya diberi dinding yang berlubang untuk memberikan perlindungan dari pengaruh lingkungan sekitarnya.
Perlindungan indukan dari kutu ayam bisa dilakukan dengan mengambil daun tembakau dicampur dengan jerami sebanyak satu genggam dan diletakan disekeliling sarang eram. Efek bau yang ditimbulkan oleh tembakau akan mengusir kutu dari indukan tapi tidak mempengaruhi induk yang sedang mengerami.

Persiapan Pengeraman

Untuk mendapatkan ayam aduan yang unggul kita harus mempersiapkan proses pengeraman dengan baik agar anakan yang dihasilkan bisa sehat dan bagus. Tahapan persiapan bisa dilakukan dengan melakukan metode berikut ini:
1. Telur yang akan ditetaskan harus diseleksi terlebih dahulu, jangan pilih telur yang ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil, pilih ukuran telur yang sama besar satu dengan yang lainnya.
2. Kulit telur harus bersih, tidak kotor atau tidak pecah. Hal ini akan mempengaruhi indukannya, karena indukan akan cenderung mematuk telur yang kotor atau pecah.
3. Sebelum ditetaskan, sebaiknya telur tidak disimpan lebih dari 14 hari, apalagi pada musim panas. Sebaiknya diperiksa apakah suhu yang dihasilkan indukan untuk penetasan bisa mencapai suhu 50-60 derajat fahrenheit dan tidak boleh lebih dari 65o F atau sekitar 38.3o C. Kelembaban dalam ruangan sebaiknya diatur hingga mencapai 80% – 90% untuk memberikan kesejukan pada indukan, atau taruh sarang eram berdekatan dengan air.
4. Sebelum mengerami, indukan betina sebaiknya dijaga kesehatan dan staminanya agar pada saat mengerami kondisinya tidak droop dan ayam tidak mudah lelah selama proses pengeraman

Pada saat musim kemarau, ayam betina tidak akan menetaskan telur dengan baik, tingginya suhu akan membuat ayam betina mudah lelah. Untuk mengatasinya, kita harus menyemprotkan air kepada induk tersebut pada pagi dan sore hari agar ayam tidak mudah lelah dan tidak mudah turun dari sarang eraman.
Bila ayam betina tidak mau mengerami telur atau ragu-ragu untuk mengerami telur, cobalah ganti dengan telur dari betina yang lainnya atau mengakalinya dengan telur palsu agar dierami. Upaya ini untuk mencegah telur-telur yang telah terpilih dipatuk indukan. Jika selama 1-2 hari indukan tersebut mau mengerami telur tersebut maka segera ganti telur palsu dengan telur yang sesunguhnya.
Telur 1-2 dari indukan sebaiknya tidak ditetaskan karena biasanya telur tersebut tidak berkualitas. Satu induk ayam bisa mengerami antara 10-12 butir telur atau tergantung kemampuan ayam menutupi seluruh telur dengan badan dan bulu-bulunya. Jika induk memproduksi telur melebihi kapasitas eramnya, segera pindahkan telur tersebut untuk dierami oleh indukan lainnya. Induk akan mengerami telurnya sepanjang malam dan mencari makan pada pagi hari. Ketika siang hari, ayam akan mengerami telur selama kurang lebih 2 jam, kemudian turun untuk mencari makan. Setelah cukup makan dia akan kembali mengerami telurnya kembali, setelah kurang lebih 2 jam, indukan tersebut akan mencari makan lagi, demikian seterusnya hingga sepanjang hari.
Pada saat proses pengeraman, sebaiknya siapkan makanan dan minuman didekat tempat pengeraman agar indukan tidak terlalu lama meninggalkan tempat pengeraman untuk mencari makanan. Jangan sampai membiarkan indukan ayam kelaparan karena hal ini akan menurunkan naluri indukan tersebut untuk mengerami telurnya. Selain itu jika indukan ayam terlalu banyak diganggu, maka mereka akan meninggalkan sarang eram, mereka dan tidak mau lagi mengerami telurnya.

Memeriksa Telur

Pada saat telur telah dierami selama 2 minggu, kita bisa mengamati telur dengan cara meneropongnya. Gulung kertas hingga berbentuk silinder dan kemudian teropong bagian ujung yang lebih kecil pada telur dibawah sinar matahari atau lampu. Telur yang bagus, mulai berusia 7 hari sudah memperlihatkan adanya pembuluh darah didalamnya dan berbentuk seperti jaring-jaring, berwarnamerah dan berada ditengah. Jaringan inilah nantinya yang akan berkembang menjadi anak ayam. Usia 14 hari, jaringan pembuluh darah tersebut akan tumbuh hampir memenuhi bagian dalam telur.
Telur yang buruk atau adanya sperma mati dalam telur jika diteropong akan kelihatan noda hitam atau adanya cairan berwarna hitam dalam telur. Telur yang tidak jadi, pada minggu pertama sudah bisa dilihat dengan adanya gumpalan hitam dalam telur, tidak berwarna merah dan tidakseperti jaringan seperti pembuluh darah, berwarna pucat atau tampak adanya noda hitam dibawah kulit. Rusaknya telur pada usia 2 minggu juga menunjukan gejala yang sama pula. Jika pada saat memeriksa telur tersebut kita menemukan telur yang telah mati, sebaiknya kita menyingkirkan telur tersebut karena hal ini bisa mengganggu telur lainnya atau bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.
Pada saat masa pengeraman telah menginjak hari ke-20, ayam dalam telur telah sepenuhnya tumbuh menjadi ayam dan mereka mulai berusaha untuk mencari jalan keluar. Kita tidak boleh terlalu buru-buru untuk memindahkan anaka ayam tersebut, tunggulah sampai seluruh telur menetas, dan pada hari ke 22 seluruh anak ayam berserta indukan bisa dipindahkan ke sangkar khusus untuk melindungi anakan ayam. Pemberian pakan harus disesuaiakan dengan ukuran ayam.
Setelah masa pengeraman, sebaiknya kita tidak mengumbar indukan dan anaka ayam tersebut karena akan berbahaya bagi anak ayam dan juga indukan ayam. Indukan ayam tidak boleh terlalu banyak bergerak karena mereka butuh waktu istirahat setelah mengerami, tetapi pastikan indukan tersebut melindungi anakan ayam pada waktu malam hari.

Perawatan Untuk Anakan Ayam

Setelah ayam menetas, sebaiknya biarkan indukan mengasuh anaknya selama kurang lebih 3 hari, untuk memberikan kesempatan kepada anakan tumbuh lebih kuat. Baru kemudian pisahkan anak ayam untuk dirawat secara intensif. Anakan ayam yang dipisahkan dengan induknya semenjak usia dini akan lebih cepat belajar untuk bertahan hidup daripada anak ayam yang dirawat oleh induknya sendiri. selain itu kesempatan untuk hidup juga cukup tinggi karena anak ayam akan terhindar dari bahaya lingkungan sekitar selama anak ayam tersebut diletakan dalam tempat yang benar.
Dengan perawatan sendiri akan membantu anak ayam lebih cepat tumbuh karena kita bisa memberikan anakan ayam makanan yang berkualitas dan juga dalam kuantitas yang dibutuhkan oleh anakan ayam tersebut. Jika anakan dipelihara oleh induknya, mereka tidak akanmendapatkan makanan yang merata, kadang-kadang ada anak ayam yang dominan mengalahkan anak ayam lain dan dia mendapatkan porsi makanan yang lebih besar sehingga pertumbuhan anak ayam tersebut tidak bersama-sama, sehingga anaka ayam yang kalah akan kekurangan gizi dan pertumbuhannya lambat. (Yoe / Tera)

About these ads
 

84 Responses to “Mencetak Ayam Aduan Unggul”

  1. Silang Berkata

    Wah bagus infonya Mas.

  2. agus Berkata

    mas kalo keturunan ayam si jantan nya ayam yang sudah kalah apa keturunannya juga kalahan????

  3. rizan fauzi Berkata

    wah..bgs bgt infone tu mas..kbeneran saya lg mlai ternak…

  4. irham bachtyar Berkata

    maaf sekedar masukan, biar tulisan2 di situs ini lebih menarik sebaiknya ditambah foto2

  5. maryoto Berkata

    Saya punya Ayam betina dua ekor dan dua-duanya bertelur dalam satu sarang ,apakah ini akan berpengaruh pada proses penetasan ,dan kalau bisa tolong di bantu solusinya apa sebelumnya terimakasih banyak

    • hobiayam Berkata

      untuk keturunan tergantung induk dan jantan yg mengawini…. klo yg mengerami gak pengaruh hanya saja masa bertelurnya sama..maka penetasan akan tetap terjadi…. tapi klo waktu telurnya g sama ini yg jadi maslah… dan klo telur yang dierami terlalu banyak jg maslah… sebaiknya 1 induk mengarami maksimal 9-11 telur..

  6. matraduta Berkata

    mohan kasih tau obat kutil pada ayam

    • hobiayam Berkata

      kapan hari ada untuk kurap tapi juga bisa untuk kutil yaoitu curatop… tapi nsekarang da g beredar di pasran… secara tradisional kutil yg sudah kering dikelupas baru diberi kapur tembok yg diaduk sama betadin….

  7. matraduta Berkata

    wah mas

  8. Guntur Berkata

    Mz ayam usia antara 4-7 bulan dikasih vitamin apa ya biar kwalitasnya sip

    • hobiayam Berkata

      untiuk ayam yang sudah mulai dilatih coba berikan perpaduan jamu dan vitamin… secara rutin beri gula jawa (merah) dan temulawak, sangobion dan jamu khusus ayam aduan misalnya kamlan atau Majun Ayam Raja KO… berikan sesuai aturan yg ada..

  9. agus Berkata

    bagaimana cara perawatan ayam menjelang turun ke kalangan

  10. antoo jr Berkata

    wah mantap ni infonya…saya jg ternak tp kurang selektif dlm pilih telur….makasih infonya..oh ya klo indukan yg sedang mengerami makannya yg cocok apa ya?klo aku biasanya jagung tu gimana?pa ada pengaruhnya? makasih sekali lg….

  11. agus Berkata

    bagaimana cara mencegah penyakit kuning

  12. encix Berkata

    mas gmn cara nya memadu ayam supaya ayam nya jagoan di kelas nya???
    timakasi

  13. erwin Berkata

    gimana tarung ayam yg bagus mas, masah nya saya punya ayam umur 8 bulan, pukulan nya keras,tepati kalau di adu sayap nya turun kata teman saya ayam ini kurang baik turun gelang gang ,gimna pendendapat mas

    • hobiayam Berkata

      masing-masing ayam ada kelemahanya… ayam yg bagus jika di kalangan bertemu ayam yang gayannya jadi makanannya sehingga ayam kita lebih unggul

  14. sabrina putra Berkata

    kok g bsa jdi teman pean ?

  15. oom tom Berkata

    mas…ayam bangkok yg umurnya 5-6 bln, kek mn cara perawatan pakannya

  16. jeffrie permana Berkata

    mas saya punya ayam ssekitar 4 bulan, vitamin yang bagus pa ya??
    dan kalau saya kasih pur bgus gk?

  17. alfian nugraha Berkata

    mas gimana cara nya ngurusin ayam yang gemuk menjadi kurus dan bisa untuk tanding????????

    makasih..

  18. Roy Berkata

    makanan dan vitamin apa bagi ayam jago muda yg bulunya blm sempurna mass?…
    tol infonya…thanxs

  19. komet Berkata

    bang’ mo tnya jg nih.. klo aym muda umur 4-5 bulan di ksih mkan beras merah apa akan mempengaruhi pertumbuhanya..?

  20. gentha Berkata

    salam, sudah lama saya menanti artikel barunya kok blum kluar juga….?
    tp gak apa-apa deh mungkin masih sibuk.. saya mo nannya nih kenapa ayam saya sangat takut pada tangan pada saat akan sya tangkap padahal waktu masih umur 7 bulan dia suka melawan orang yang mendekatinya skr ayam saya sudah berumur 8 bulan lebih, kalo di abar dgn ayam laen dia tidak takut sama sekali gimana ya biar ayam saya jadi ayam penurut tidak lari klo ada orang dan mudah untuk di tangkap

  21. Muza Nandy Berkata

    info yang membangun ini mas…
    apakah wajib telur pertama dan kedua mesti di ambil??
    kata orang kalo telur ayam lebih dari 8 gak bagus, apa benar itu mas??

  22. nurfuad Berkata

    Kenapa kaki anakan ayam saya ada yang bengkok,mohon pencerahannya Terimakasih.

  23. agus Berkata

    siiipppppp…….aq tanya mas knpa ayam bangkok terlihat kurus pdhal makanannya terjamin

  24. agus Berkata

    bagaimana cara merawat ayam dengan benar

  25. agus Berkata

    saya bru mau ternak nie mas
    klo pilih indukan yg bagus yg gimana ya..?
    makasih sebelum nya….

  26. JUDI Berkata

    apa benar klu ayam sedang ngeram terkena gempa bumi telur2 ga jadi ya??

    nb.gempa di sini hanya terkena getaran ya saja>>

  27. iirwan Berkata

    mas,ayamnya apa mau dberi makan jamu dan vitamin??apa harus dpaksa y mas or dcampur jagung spy mau makan??mohon konfrmasinya…

  28. Liclon Qoris Berkata

    “bang gimana cara mempercepat tumbuhx taji / jalu soalx punya sy lambat tumbuhx

  29. Bajil Berkata

    Mas. mf, lain daerah lain penyebutan’y…kra2 Cabe Puyang itu, Cabe yg gmn Mas?…klo d sumatra nama’y cabe apa mas?..trims info’y

  30. ewin Berkata

    mas apa obatya penyakit tembolok gak turun slama behari2?dan pencegahnya biar gak menular@gak terkena pnyakit it?

  31. Sihol Berkata

    Mas, ayam saya tidak garang lagi waktu di kroyok 2 ayam tetangga saya, apakah masih bisa di pulihkan keberaniannya ?
    Terima kasih . .

  32. gunary Berkata

    wah keren juga yah mas,, kalau anakan ayam yang baru menetas itu harus dikasih makanan apa yah mass,,??
    and apakah (induk ayam kampung) dikawinkan dg (ayam jantan bangkok) keturunannya akan (bangkok apa kampung,,..) mass.
    oyaaa,, mas udah pernah mencobanya blum.. tlong kasih jawaban yang detail yah mass.. makasihh.

  33. Zul Fikar Abdan Berkata

    ciri2 babon yg baik gimana bang…terus umur berapa baru bisa dibibitkan..?

  34. Abbas Berkata

    Wah mantap trmakasih atas infox, tp mau tanya nih… Aq punya ayam bangkok, tp nyalinya masih pilih2 lawan,,, bila mnghadapi ayam yg lbh tua, dia malah kendor sblum brlaga, gmana ya agar dpt berubah mentalnya???

  35. zulen Berkata

    Mas… Ayam saya telapak kakinya bobol nih… Gmna cara mngtsinya biar cpt sembuh…???
    Thnkz

  36. thoriq fahmi Berkata

    apa obat utk aya yg bwah kakinnya kras (bubulen) ?
    dan apa obat tradisional utk mningktkan stamina?

    mas

  37. Ayam saya umur 3 bulan juga kurus badannya, padahal makanan cukup dan kalau minuman selalu tak kasih vitamin. Juga telah saya beri obat cacing dari pinang muda seperempat untuk satu ekornya. Mohon pencerahnnya mas!!!

  38. danang Berkata

    makasih mz dah kasih informasi yg bagus.

  39. deddy Berkata

    salam…
    wktu yg di perlukan betina utnuk mengerami telur itu sebenernya 21 hari ato berapa sih?dan penghitungannya hari nya itu dari mulai ayam itu bertelur ato sudah tdk bertelur lagi…

    thx b4

  40. NUR YAMIN Berkata

    Trims infonya, mga j jd rekanan,.

  41. jagoan Berkata

    mas, bagaimana ciri-ciri ayam yang mempunyai pukulan yang mematikan dan mengapa ada yang disebut ayam jalu?

  42. hary Berkata

    ayam sekitar 5 bln..tapi takut sm jago lain..gmn mengatasinya…thanks boss

  43. ibnu Berkata

    gimana mas cara yg baik untuk melahirkan keturunan yg bagus
    apa pejantan lebih tua dri betina, apa betina lebih tua dri pejantan, apa ada selisih umur’a yg ideal

  44. erdy petruk Berkata

    mau tanya mas,. Saya punya babon 2 ekor umur 9 bln an, kedua2nya sama sekali blum bertelor, tp kok malah angkrem, selama 2bulan mengeram terus2an, mohon solusinya?

  45. Acenggaluh Berkata

    Saya tertarik tuk coba budidaya ayam bangkok

  46. Apun Berkata

    Mas ayam saya 8 bulan di adu ama ayam umur 1.5 tahun.,sukurnya menang,,pengaruh ama pertumbuhan.makasih

  47. aldi Berkata

    siiip bangeet

  48. camsan Berkata

    bang kasih obat kuat zaa

    ayam saya uda menang 8x prtandigan

  49. camsan Berkata

    coba datang ke rumah

    saya ingin menyoba dengan ayam anda
    brani g<k kalian semua

    jika ayam kalian baghus
    ayo kita adu
    tt 60.000.000

  50. agus/kumis Berkata

    trims bayak infony,untuk menambah wawasan sy,tp kendala/kesulitan bg sy adalah klw udah sakit susah cara mengatasiny pasti lewat/mati,mhon pendapat cr mengatasi ayam bangkok sakit dan mengatasiny.karena didaerah kami sering terjadi musim penyakit ayam,hampir tiap 3 bln datang musim ayam sakit.

  51. aziz gobet Berkata

    mas kalo pengen gemukin ayam apa y mas solusi’a

  52. noe alex Berkata

    bagus banget mas atas infonya… sangat membantu apalagi buat saya yang baru hobi ayam aduan…. mau tanya nich menurut mas apa perbedaan ayam bangkok dengan vietnam dan apa aja keunggulan masing2…. thanks ya…

  53. dodo Berkata

    bagaimana cara perawatan ayam pada usia d bwah satu bulan agar menjadi ayam petarung

  54. bejo Berkata

    Mau tanya ni, Pakan untuk membesarkan badan ayam diberi pakan jenis voor apa ya.krna ayam saya lancuran dan bdanya kurang besar.apakah masi bisa digemukkan .dan bagaimana caranya.trim..

  55. mail Berkata

    bang sy punya ayam philipine u-8 bln,,sdh sebulan ini makannya ngemil,,badan jd kurus,,apa krn dulu pernah sy jemur sampe 2 hari,,kelupaan sy tinggal keluar kota,,

  56. mas ayam yang umurnya masih 2 bulan bagus nya makan nya berapa kali sehari ?
    dan bagus nya di beri makan apa mas . .?

  57. moen Berkata

    ass..
    om mau tanya boleh g?
    ( boleh donk )
    sy mau tnya..
    apa ayam petarung harus ayam bangkok?
    apa ciri2 ayam bangko, ayam kampung, sama ayam turunan bangkok??
    trims

  58. zaini Berkata

    terimakasih atas pencerahanya gan

  59. m085221659993 Berkata

    mas kalo indukan blasteran/ramon dikawin ma ayam adu ankan nya bakal jd apa ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.